26-July-2010-12:01:17

WIMAX for Enterprise


Internet di rumah…Internet di kantor… Internet dimana saja, sebuah kemampuan yang dapat diberikan oleh Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Wimax adalah teknologi akses tanpa kabel berkecepatan tinggi dengan kecepatan data yang mampu mencapai 75Mbps (Mega bit per second) dan jangkauan yang mencapai 50 Kilometer. Karakteristik teknologi seperti ini tentunya memiliki berbagai manfaat bagi sebuah perusahaan terutama disaat kecepatan aliran informasi dan data merupakan suatu hal yang harus dipenuhi dan dimiliki dalam dunia bisnis saat ini.
 
Pemanfaatan Wimax oleh sebuah perusahaan memiliki bentuk yang beragam, mulai dari hal yang bersifat umum seperti peningkatan produktivitas karyawan hingga hal yang lebih khusus sesuai industri tempat perusahaan itu berada. Untuk peningkatan produktivitas karyawan, Wimax berperan dalam menjadikan sebuah perangkat seperti laptop sebagai perangkat kantor/personal multifungsi dengan status konektivitas internet yang selalu hidup dimana saja dan kapan saja (always-on). Hal ini tentunya dapat memenuhi kebutuhan para professional untuk memiliki fungsi dan fitur dari desktop computing secara pribadi, mobile, dan selalu ada. Untuk pemanfaatan Wimax secara khusus, berbagai industri secara global sudah menjadi pengguna awal dari teknologi ini seperti industri keamanan, kesehatan dan retail. 

Industri keamanan mulai memanfaatkan Wimax untuk fungsi remote video monitoring/camera dikarenakan kapabilitas bandwidth Wimax untuk video streaming dianggap lebih terjangkau. Untuk industri kesehatan, walaupun manfaat Wimax cukup luas, namun yang paling umum adalah pengiriman catatan medis elektronik. Saat ini sudah mulai bermunculan berbagai perangkat monitor pasien dari HP dan Intel yang memanfaatkan jaringan Wimax untuk mengirimkan hasil rekam medis pasien ke dokter ahli yang berada di lokasi yang berbeda. Hal ini bukan tidak mungkin juga dilakukan oleh pabrikan komputer lain bahkan Ipad sekalipun.

Industri retail mulai memanfaatkan Wimax untuk fungsi yang dapat ditiru oleh berbagai industri lainnya yaitu pelatihan karyawan. Daripada mengharuskan karyawan untuk berkumpul disuatu tempat, yang tentunya akan menghabiskan waktu produktif karyawan dan penambahan beban biaya transportasi, pengguna awal di industri ini memberikan laptop dengan kemampuan konektifitas Wimax sehingga karyawan dapat melakukan e-learning dengan fitur video kapan saja dan dimana saja dikehendaki.

Wimax merupakan teknologi yang cukup menjanjikan dalam penyediaan akses tanpa kabel berkecepatan tinggi. Kemampuan dan implementasi teknologi Wimax diatas merupakan suatu bukti awal yang positif terkait pemanfaatan teknologi ini oleh perusahaan. Diharapkan dengan semakin canggih dan semakin tinggi tingkat adopsi dan implementasi Wimax, dampak dan manfaat teknologi ini bagi enterprise akan semakin dirasa.

Kini teknologi semakin memudahkan pengguna dalam berbagai aspek kehidupan. Sepertinya sulit dibayangkan bagaimana evolusi teknologi 10 tahun ke depan yang tentunya akan sangat pesat.

( Sri Safitri )