Sunday , 19 July 2009-05:37:37

ME Era @ You Tube


Budaya baru dalam dunia entertainment mulai melanda Indonesia dengan harapan yang berbeda yang dikenal dengan ME Era.

Pertumbuhan internet yang sangat pesat di Indonesia dimana broadband internet baik fixed yang disediakan oleh Speedy maupun mobile oleh operator Telkomsel, Indosat, dll menjadi salah satu faktor pendorong. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi nomor 5 pengguna internet di Asia dengan pertumbuhan nomor 1 di dunia. Pertumbuhan internet di Indonesia dalam 8 tahun terakhir lebih dari 1100%. Amazing khan?

Pertumbuhan yang sangat pesat ini mendorong perubahan harapan pengguna dan mulai menjadi suatu budaya baru yang dikenal dengan ME Era. ME Era adalah budaya dimana pengguna menginginkan hiburan apa saja (MY Choice), Kapan diinginkan (MY Time), dan dimana saja (MY Way). Hal ini salah satunya dipenuhi oleh You Tube.

You tube adalah salah satu platform yang dimiliki oleh Uncle Google yang memungkinkan setiap orang untuk membuat konten berupa video klip dan dimuat di You Tube. Geger video salah seorang pimpinan parpol dengan penyanyi dangdut beberapa tahun lalu tidak lepas dari media You Tube yang mampu menyebarluaskan informasi dan diakses dengan mudah oleh banyak orang. Klip ini menjadi hits beberaa hari di You Tube.

You Tube memungkinkan ME Era dimana saya bisa menonton apa saja yang saya inginkan baik klip lagu Anggun, Roxxette bahkan ST12, klip lucu untuk menghibur diri ataupun klip untuk bahan presentasi, bahkan kalau saya ketinggalan sinetron Air Mata Cintapun, saya bisa menontonnya di You Tube. Setelah saya pilih apa yang saya tonton, saya juga bisa memilih kapan waktu yang saya inginkan menontonnya, kalau tidak bagus mengganti dengan tontonan lain.

Cara menonton juga bisa dari PC atau laptop di kantor ataupun dari I Phone atau HP di jalan ketika macet ataupun menunggu kereta atau busway. Kini kemacetan, lama antri di toilet umum ataupun tunggu busway, tetap enjoy aja, liat You Tube bisa nonton film-film ataupun acara-acara yang belum sempat ditonton.

Kemudahan ini menjadikan generasi milenial, generasi muda sekarang, lebih sibuk dan konsentrasi dengan gadget yang mereka miliki. Gadget baik HP, I Phone ataupun BB memungkinkan mereka bermain games ataupun menonton klip kapanpun dan dimanapun bahkan juga membuat klip sendiri baik klip hang out bersama teman-teman, main band ataupun bernyanyi ataupun klip parody tampilan teman-teman sendiri.

You Tube juga memungkinkan kita  untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Ingin punya penghasilan lebih dari You Tube? Mungkin saja. Coba tengok di You Tube video dengan judul ‘Charlie Bit My Finger’. Klip ini adalah hasil dari keluarga di Inggris yang tidak sengaja membuat video 2 anak lelakinya sedang bermain. Hasilnya? Video ini ditonton oleh lebih dari 98 juta pengguna internet. You tube membayar US$ 2.5 setiap 1000 view artinya video ini telah memberikan tambahan penghasilan sekitar 3 Milyard rupiah bagi keluarga ini. Keluarga ini bahkan di wawancara oleh TV BBC Inggris dan kini membuat souvenir-souvenir foto-foto ke dua anak mereka yang juga memberikan tambahan revenue lagi.

Jadi tenar juga mungkin dengan You Tube. Mari lihat video klip dengan judul ‘Evolution of Dance’. Klip ini ditonton lebih dari 119 juta bukan hanya memberikan penghasilan lebih dari 3 Milyar tapi juga menjadikan pembuat klipnya  seorang Judson Laipply komedian terkenal dengan bayaran mahal saat ini.

Ingin marketing produk? Sangat mungkin lho lewat You Tube. Kita bisa mendemokan cara memasak Pad Thai, nasi goreng atau apapun yang kita kuasai, demo produk yang dimiliki ataupun juga  membuat klip yang menarik tentang produk kita seperti klip ‘Cadbury Gorilla’ yang menarik perhatian para marketer di dunia.

Semua hal yang mungkin dilakukan via You Tube ini, memungkinkan terjadinya suatu budaya baru yaitu ME Era. Semua klip yang kita buat ini bisa disaksikan oleh siapa saja yang mengakses internet, kapan saja, dimana saja dan pakai gadget apa saja.
 
 
Amazing khan?
( Sri Safitri )