Trafik 4G LTE XL Axiata; Melonjak Hingga 300%

Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Saat libur pergantian tahun 2017/2018

Surabaya, Kabarindo- Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk. pada liburan pergantian tahun 2017/2018 meningkat tajam melebihi trafik pada hari biasa dan trafik pada periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan trafik data terlihat 28 Desember 2017-1 Januari 2018 dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20%. Jika dibandingkan dengan periode liburan pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160% pada 1 Januari 2018, bahkan untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300% pada tanggal yang sama.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menyebutkan tren kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube saat liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.

Yessie mengatakan, selain akses ke layanan data, video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut. Juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah. Hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi mencapai 360 kota dengan jumlah pelanggan yang terus meningkat.

“Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati,” ujarnya pada Rabu (3/1/2018).

Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik 15% yang mencapai puncaknya pada malam tahun sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%, bahkan pada malam tahun baru mencapai 1.000% dibandingkan malam biasanya.

Terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, Jawa Tengah dan Jawa Barat  menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29% dan 21%. Untuk kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5%, Makassar, 4%, Palembang 21%, Pontianak 22% dan Lampung 22 %. Di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan 24%, Yogyakarta 27%, Bandung 13%.

Strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiata menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. Untuk itu, XL memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan, antara lain daerah tujuan wisata populer seperti Bandung, Yogyakarta dan Bali. Juga lokasi-lokasi wisata dan pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan.

Selain itu, XL Axiata menguatkan jaringan di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan dan bandara. Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata populer.




Berita Lainnya
MD Magic Scaraway; Atasi Bercak Kehitaman & Scar Bekas Jerawat

Surabaya, Kabarindo- Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat, yang ringan ataupun yang berat, terutama pada usia remaja yang mengalami perubahan hormonal.

Jerawat bisa hilang setelah


Crown Group Garap Proyek; Senilai Rp 50 Triliun

Surabaya, Kabarindo- Nilai total proyek yang sedang dan akan digarap perusahaan properti Australia, Crown Group, mencapai puluhan triliun. Hal ini diungkapkan Bagus Sukmana, GM Strategic & Corporate


Terapkan Internet of Things; Banyak Perusahaan Di Asia Pasifik Capai Kemajuan Bisnis

Surabaya, Kabarindo- Internet of Things (IoT) telah lama diidamkan sebagai pondasi untuk berbagai terobosan dalam artificial intelligence (AI), robotik dan kemajuan lainnya.

Para eksekutif dituntut untuk


Indonesia Sambut Lenovo Miix 630; Awesome !

Jakarta, Kabarindo- Dalam rangkaian acara CES® 2018 tahun ini, Lenovo memperkenalkan hasil kerjasamanya dengan Qualcomm® and Microsoft® untuk mempersembahkan komputasi mobile kepada pelanggan dalam cara baru.