Bangunan peninggalan Belanda; Jadi Alternatif Wisata Bromo

Kontributor : Teks; Harry Samputro / Foto2: IsT

Ada Juga Air Terjun memesona untuk Rafting

Probolingo, Kabarindo - Bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur bisa menjadi alternatif wisata bagi wisatawan yang menikmati keindahan gunung dengan ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut itu.

"Kecamatan Sukapura dikenal sebagai kecamatan pusaka karena di kecamatan tersebut banyak berdiri gedung kuno peninggalan kolonial Belanda yang masih terawat dengan baik sekali," kata Camat Sukapura Yulius Christian di Probolinggo, Rabu.

Ia mencontohkan salah satunya adalah gedung putih rumah dinas Camat Sukapura yang merupakan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada awal tahun 1900 dan bekas gudang kopi peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1818 dan dialihkan pada tahun 1912.

"Bangunan itu saat ini ditempati oleh SDN Sapikerep 1 yang juga masih terawat dengan baik, bahkan di SDN Sapikerep 1 juga terdapat bangku dan lemari kuno peninggalan kolonial Belanda tertanggal 8 Maret 1929," tuturnya.

Menurutnya Kecamatan Sukapura tidak hanya mempesona dengan wisata Gunung Bromo yang sudah mendunia, namun masih banyak potensi yang belum terpublikasikan secara luas dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Selain bangunan kuno, ada potensi batik yang dilakukan oleh Batik Tulis Pasir Berbisik dengan menghasilkan beberapa motif yang mengangkat potensi di kawasan Tengger, sehingga tidak mengherankan jika sentra batik tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri dengan keunggulannya yakni batik tulis itu menggunakan pewarna alami," katanya.

Mantan Kabag Kominfo Kabupaten Probolinggo itu mengatakan banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo seperti Goa Kelelawar atau Goa Batman yang mendukung destinasi wisata gunung yang eksotis itu.

"Goa Batman adalah wisata lama yang ingin dihidupkan kembali yang lokasinya berada di tanah kas Desa Ngadas, sehingga kami ajak pihak desa untuk menghidupkan kembali wisata tersebut sebagai wisata penunjang Gunung Bromo yang sudah dikenal luas wisatawan mancanegara," ujarnya.

Yulius mengatakan destinasi wisata di Kecamatan Sukapura yang sudah dikembangkan di antaranya Seruni Point, Sunset Mentingen, sejumlah bangunan tua peninggalan Belanda, dan destinasi wisata budaya Ojung seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
8 Judul Persembahan MVP Di Tahun 2018; Awesome !

MVP Graha, Setiabudi, Jakarta, Kabarindo- Apa saja judul-judul film tersebut ?

Dari rilis yang diterima redaksi dan prescon yang baru saja digelar tadi sore, Jumat (23/2).


Karyawan Tokopedia; Bantu Anak-anak Di LPKA

Jakarta, Kabarindo- Yayasan Tangan Pengharapan (YTP) bekerja sama dengan Tokopedia, melalui program Nakama Beraksi, berkunjung ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II A Salemba untuk melakukan


Saudi TV 2019; Gunakan Bahasa Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Stasiun televisi milik pemerintah kerajaan Arab Saudi, Saudi TV, akan menggunakan tambahan tujuh bahasa asing termasuk Bahasa Indonesia, kata Wakil Presiden Departemen Teknik Saudi TV,


PT KAI Daop 8; Berikan Diskon Tiket Hingga 50%

Surabaya, Kabarindo- PT KAI Daop 8 Surabaya memberlakukan tarif  khusus untuk perjalanan kereta api (KA) jarak menengah dan jauh dengan potongan sebesar 20%-50% mulai 22 Februari 2018.