Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Mencicipi cita rasa asli Rusia di Jakarta

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di Jakarta International EXPO Kemayoran pada 22-25 November.

Kunjungan tersebut didukung oleh Pusat Ekspor Rusia. Di pameran makanan ini, pengunjung bisa mencicipi keunikan cita rasa Rusia dalam konsep Made in Russia yang menyajikan produk makanan berkualitas terbaik seperti gandum dan tepung, pasta dan mie lezat, coklat, permen, teh dan makanan siap saji. Juga ada live cooking show oleh koki asal Rusia yang mengolah makanan sedemikian rupa agar dapat menyatu dengan cita rasa Indonesia.

SIAL Interfood Expo merupakan salah satu pintu untuk mengenalkan rasa Rusia ke pasar Indonesia. Beberapa produsen makanan besar Rusia ikut meramaikan pameran seperti KZP, IVAN-TEA, Petrovskie Nivy, MAKFA, Lina, KDV dan United Confectionaries yang populer dengan minuman dan produk makanan sehat.

Peter Fradkov, Direktur Jenderal Pusat Ekspor Rusia, mengatakan pihaknya memiliki peraturan yang ketat untuk produksi pangan di Rusia dan menetapkan persyaratan keselamatan produksi yang tinggi.

“Produsen kami menggunakan bahan alami dengan teknologi modern dalam mengolah makanan. Mereka juga memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun di industri makanan,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Selasa (21/11/2017).

Selain mengenalkan cita rasa asli produk buatan Rusia, Pusat Eskpor Rusia juga membuka peluang bisnis dan meningkatkan wawasan tentang kualitas produsen makanan Rusia untuk pasar makanan di Indonesia. Efektivitas proses teknologi dan kondisi ekonomi di dunia memacu Rusia mampu memperbaiki hasil produk mereka terkait dengan peningkatan kapasitas dan kualitas produksi.

Menurut Peter, beberapa tahun lalu, produsen produk makanan Rusia mulai mempresentasikan produk mereka di sejumlah pameran internasional. Mereka mendapat penghargaan internasional di berbagai kategori seperti cita rasa yang khas, penerimaan masyarakat lokal, bahan alami dan kontrol kualitas makanan yang tinggi.

Kerja sama yang saling menguntungkan menarik Rusia untuk lebih menembus pasar Indonesia, yang dalam kesempatan ini menggunakan jalur pasar produk makanan. Berdasarkan statistik UN Comtrade pada 2016, nilai ekspor Rusia ke Indonesia relatif kecil terkait dengan produk makanan seperti sediaan kakao, olahan sereal, tepung, pati atau susu, produk kue kering, kopi, teh, maté dan rempah-rempah. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2016, total nilai perdagangan non-migas antara Rusia dan Indonesia mencapai 116,92 juta dolar AS.

Peter menambahkan, Rusia ingin masuk lebih dalam ke pasar makanan Indonesia dipicu oleh kesamaan budaya antara Indonesia dan Rusia, dalam hal bagaimana mereka menghargai komoditas pangan dan cita rasa makanan dalam kehidupan sehari-hari.


















 











Berita Lainnya
JAPNAS Jatim Terbentuk; Provinsi Ke-8

Surabaya, Kabarindo- Setelah hadir di 7 provinsi di Indonesia, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) terbentuk di Jawa Timur pada Selasa (20/2/2018).

Pembentukan Pengurus Wilayah (PW) JAPNAS Provinsi


Indosat Ooredoo; Tuntaskan Penataan Ulang Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo telah menyelesaikan proses penataan ulang pita frekuensi radio 2.1 GHz lebih cepat dari yang dijadwalkan oleh pemerintah.

Proyek penataan ulang pita frekuensi


XL Axiata Gandeng K-Link; Sediakan Sarana Komunikasi Bagi Member

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. bekerja sama dengan K-Link, perusahaan penjualan langsung (MLM) di Indonesia dalam penyediaan paket-paket data yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para member


Crown Group Berikan Panduan Investasi Di Australia; Pada Tahun Anjing

Surabaya, Kabarindo- Crown Group, pengembang properti residensial dan komersial di Australia, memberikan panduan bagaimana membuat pilihan terbaik dalam berinvestasi properti di Australia tahun ini.

CEO dan