Kementerian KKP & XL Axiata; Serahkan Perangkat Nelayan Pintar Di Banyuwangi



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Dalam program Nelayan Go Online

Surabaya, Kabarindo- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Komunikasi & Informatika  bersama PT XL Axiata Tbk. telah menyerahkan perangkat digital “Nelayan Pintar” kepada nelayan di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan dukungan pihaknya terhadap program Nelayan Go Online merupakan implementasi atas komitmen untuk menyiapkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan memasuki era digital. Program ini sudah terlaksana antara lain di Makasssar dan Medan.

“Selain membangun infrastruktur telekomunikasi, kami juga berupaya membangun ekosistem agar kehadiran jaringan data di pelosok daerah memberikan manfaat bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas hidup secara ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya,” ujarnya pada Rabu (1/11/1017).

Imam menambahkan, para nelayan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari XL Axiata. Dari sisi jaringan, untuk mendukung pengoperasian NELPIN, XL Axiata menyediakan layanan 4G LTE dan 3G di lokasi-lokasi implementasi program Nelayan Go Online. Jaringan tersebut menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap ikan dengan memanfaatkan NELPIN.

Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang mendukung aktivitas nelayan saat bekerja melaut maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS) serta lokasi berkumpulnya ikan. Juga tersedia informasi harga ikan terkini dan permintaan atas jenis-jenis ikan. NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk dimanfaatkan nelayan di seluruh tanah air.

Seiring dengan visi pemerintah untuk mengembangkan program Nelayan Go Online melalui pengenalan aplikasi NELPIN di Indonesia, XL Axiata konsisten mendukung implementasi program ini di sejumlah daerah seperti Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Diharapkan, manfaat ini dapat diperoleh seluruh nelayan di Indonesia. Pengembangan program ini akan seiring dengan perluasan jaringan data yang terus dilakukan XL Axiata ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil.





Berita Lainnya
Indonesia Sambut Lenovo Miix 630; Awesome !

Jakarta, Kabarindo- Dalam rangkaian acara CES® 2018 tahun ini, Lenovo memperkenalkan hasil kerjasamanya dengan Qualcomm® and Microsoft® untuk mempersembahkan komputasi mobile kepada pelanggan dalam cara baru.


GITA WIRJAWAN; RESMI GABUNG DI ONLINEPAJAK

Jakarta, Kabarindo-  OnlinePajak sebagai penyedia jasa aplikasi perpajakan yang telah diresmikan oleh Direktorat Jenderal Pajak, mengumumkan Gita Irawan Wirjawan sebagai nama baru yang duduk di kursi manajemen.


Bank Commonwealth 2018; Dukung Desainer Lokal Perluas Pasar

Jakarta, Kabarindo- Fashion Show merupakan ajang penting untuk memperkenalkan karya desainer lokal ke khalayak luas.

Lewat dukungannya kali ini, Bank Commonwealth menekankan pentingnya pemberdayaan pengusaha


Nikmati Kuliner Singapura; Di Orchard Road Feast Shangri-La Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Anda sering melancong ke Singapura dan menyukai kuliner di negara tersebut?

Tak perlu jauh-jauh ke sana jika ingin berwisata kuliner. Anda bisa menikmati beragam