Telkom-Taspen; Sinergi Digitalisasi Layanan Pembayaran Pensiun

Kontributor : Teks; Asrul Muchsen / Foto2: IsT

Digital Jadi Pilihan

Jakarta, Kabarindo- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Taspen (Persero) bersinergi mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan mengedepankan prinsip bisnis saling menguntungkan.

Kesepakatan kedua pihak tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Umum PT Taspen Bagus Rumbogo di Jakarta, Selasa.

Dian Rachmawan mengapresiasi Taspen yang mempercayakan TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan terhadap para pensiunan.

"TelkomGroup siap mendukung ddigitalisasi Taspen dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, khususnya layanan pembayaran pensiun sehingga para pensiunan dapat menikmati kemudahan proses pembayaran yang terintegrasi," ujar Dian.

Sementara itu, Dirut Taspen Iqbal Latanro mengatakan dengan pengembangan dan implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun ini Taspen dapat memperoleh data pensiunan yang valid melalui penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem baru elektronik data pembayaran (e-New Dapem).

Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berbasis data biometric. Selain itu juga berfungsi sebagai kartu ATM dan debit yang dapat dikembangkan sebagai kartu yang memiliki manfaat tambahan sebagai kartu multifungsi di mana peserta pensiun dapat menikmati potongan harga/diskon di beberapa merchants.

Penerapan smartcard didukung sistem aplikasi data pembayaran elektronik terbaru, yaitu (e-New Dapem) mengintegrasikan mitra bayar dengan satu aplikasi secara melalui perangkat verifikasi/otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta Taspen meliputi digitalisasi proses improvement, digital culture transformation, customer experience, dan sebagainya.

Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment) seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk otentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan.

TelkomGroup juga menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan network agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen, data center untuk keperluan pengelolaan database, sistem payment switching, sistem otentifikasi dan verifikasi, helpdesk & contact center, serta sistem pendukung Taspen Smartcard.

"Sinergi dengan TelkomGroup, Taspen mampu memberikan layanan terbaik yang melebihi harapan peserta dan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," kata Iqbal seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
Nikmati Kuliner Singapura; Di Orchard Road Feast Shangri-La Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Anda sering melancong ke Singapura dan menyukai kuliner di negara tersebut?

Tak perlu jauh-jauh ke sana jika ingin berwisata kuliner. Anda bisa menikmati beragam


Surabaya Fashion Parade 2018 Siap Digelar; Usung Tema UN11TE

Surabaya, Kabarindo- Tunjungan Plaza (TP) bersama Indonesian Fashion Chamber (IFC) bakal menggelar Surabaya Fashion Parade (SFP) 2018 yang akan berlangsung pada 2-6 Mei.

Ini merupakan event


Bayi Gaib Siap Tayang 15 Februari: A Dheeraj Kalwani Gandeng MD Pictures

XXI Metropole,  Salemba,  Jakarta,  Kabarindo- 2018, bisa jadi jadi tahun bangkitnya era keemasan film horror.

Paling tidak tiap pekan akan ada satu atau dua judul, sebelum Danur 2,


GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo-  GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) di tahun 2018 akan hadirkan pameran khusus kendaraan komersial, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan