Samsung Smart Learning Class; Dibangun Di SMANU M.H.Thamrin


Saatnya Paham Tentang Coding Indonesia
Kontributor : Teks; Arul Arista / Foto2: IsT

Pada akhir program, para siswa akan dituntun untuk membuat aplikasi dari hasil pelatihan

Surabaya, Kabarindo- Samsung Electronics Indonesia berkolaborasi dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta dan Sekolah Menengah Atas Negeri Unggulan MH Thamrin (SMANU MHT), Jakarta Timur, telah meresmikan fasilitas Samsung Smart Learning Class (SSLC) yang dilengkapi program ketrampilan coding.

Ketrampilan coding dan ilmu komputer menjadi kompetensi unggulan saat ini dan menjadi kemampuan dasar di banyak pekerjaan pada masa depan.

Menurut Kepala Sekolah SMANU MHT. Drs. Warnoto, sebelumnya hanya siswa-siswa olimpiade komputer saja yang mempelajari coding. Melalui program SSLC, lebih banyak siswa yang mendapat kesempatan belajar coding.

Kang Hyun Lee, Corporate Affairs Vice President Samsung Electronics Indonesia, mengatakan pihaknya berkomitmen memanfaatkan teknologi untuk membangun generasi muda yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan memgoptimalkan teknologi untuk memajukan pendidikan, khususnya di Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta dan SMANU MH Thamrin menghadirkan program Samsung Smart Learning Class, yaitu ruang kelas khusus yang dilengkapi program ketrampilan coding. Para murid dapat mengikuti kelas coding yang akan diadakan secara rutin setiap dua minggu sekali selama satu tahun. Melihat tren digital saat ini, keterampilan coding semakin banyak dibutuhkan di berbagai industri. Dengan memberikan kesempatan para siswa mempelajari coding sejak SMA akan membuka peluang baru untuk masa depan mereka,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Kamis (11/10/2017).

SSLC memiliki fasilitas 25 buah Samsung Galaxy Tab A with S-Pen serta dua Smart TV Samsung. Juga dilengkapi Smart Library untuk lebih meningkatkan kecintaan membaca bagi murid-murid maupun guru-guru di SMANU MH Thamrim untuk menambah pengetahuan dan wawasan melalui aplikasi digital library i-Jakarta.

Sopan Adrianto, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengatakan program tersebut dimulai di SMANU MHT yang memang dirancang khusus dengan berbasis penguatan mata pelajaran hard science seperti matematika, fisika dan kimia. Kelas coding yang meningkatkan kemampuan berpikir dan logika sesuai untuk mendukung siswa-siswi SMANU MHT dalam proses belajar mereka.

Samsung menunjuk Coding Indonesia sebagai pelaksana pelatihan bagi siswa-siswi MHT. Pada akhir program, mereka akan dituntun untuk membuat aplikasi dari hasil pelatihan.

SSLC juga membuka kesempatan yang lebih luas bagi SMANU MHT untuk semakin aktif mengikuti ajang olimpiade nasional dan internasional. Sebagai sekolah unggulan, SMANU MHT aktif mengikuti berbagai olimpiade matematika, sains dan robotik di dalam maupun luar negeri. Semangat kompetisi yang tinggi dibuktikan oleh SMANU MHT dengan meraih enam medali emas dan 11 medali perak dari Olimpiade Sains Nasional dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan tiga medali perak dalam lima tahun terakhir.

SSLC juga memberikan pelatihan untuk para guru demi mendukung terciptanya metode belajar mengajar yang interaktif dan berkualitas. Pelatihan ini bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dengan memberikan pelatihan dasar IT serta penggunaan gadget seperti tablet kepada guru-guru di SMANU MHT. Mereka akan dilatih untuk memaksimalkan fitur-fitur pada perangkat tablet, seperti presentasi, komik interaktif, juga mengembangkan penulisan dan blog, sehingga bisa berbagi teknik belajar mengajar dengan guru-guru anggota IGI lainnya di Jakarta maupun luar kota.










 










Berita Lainnya
Metland Pasarkan Vila Royal Venya Ubud; Di Bali

Surabaya, Kabarindo- Pengembang properti PT Metropolitan Land Tbk (Metland) meluncurkan proyek terbaru Royal Venya Ubud di kawasan Ubud, Bali.

Royal Venya Ubud merupakan komplek vila mewah


Konser Kebangsaan RRI; Hibur Masyarakat Di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya

Surabaya, Kabarindo- RRI menghibur masyarakat dengan menggelar Konser Kebangsaan bertajuk Berkarya Dengan Semangat Kepahlawanan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, pada Sabtu (18/11/2017) malam.

Menurut Soleman


Pemkab Klungkung; Punya Program Padat Karya

Semarapura, Kabarindo - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali melaksanakan program pola padat karya yang mampu membangun insfrastruktur jalan, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat setempat.


Inggris Dukung NKRI; Papua Tak Terpisahkan

Sorong, Kabarindo- Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam