Banh Mi; Sandwich Vietnam Padukan Gurih, Pedas & Asam



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Disajikan Sheraton Surabaya, juga ada Passion Fruit Brownies, Deep Fried Croissant with Cinnamon Sug

Surabaya, Kabarindo- Sandwich sudah jadi kudapan masyarakat sehari-hari, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Kudapan ini cukup digemari karena praktis, enak dan mengenyangkan, sehingga bisa dibawa sebagai makanan bekal yang bisa dinikmati siapa saja dan kapan saja terutama saat sibuk, tak sempat keluar rumah. Sandwich bisa diracik sendiri di rumah dengan bahan yang mudah diperoleh dan tak membutuhkan waktu lama.

Namun sandwich yang disajikan Hotel Sheraton Surabaya ini berbeda dengan sandwich biasanya. Kudapan racikan Executive Chef  Steve Tanudarma ini berukuran panjang 30 cm dan menggunakan beberapa bahan yang berbeda dari sandwich biasanya. Ia mengadaptasi dari Banh Mi, sandwich Vietnam.

“Orang mungkin mengira Banh Mi itu semacam mie dari luar. Tapi ini adalah sandwich dari Vietnam. Saya ingin mengusung cita rasa Vietnam ke sini,” ujarnya pada Selasa (5/9/2017).

Bahan Banh Mi adalah roti baguette serta fillet daging ayam yang dibumbui dengan daun jeruk, bawang putih, lada dan garam. Sebaiknya fillet ayam dibumbui dan dibiarkan selama semalam agar bumbunya meresap.

Cara meraciknya mudah. Roti baguette dibelah kemudian bagian dalamnya diolesi mayonaise, lalu susun di atasnya fillet ayam yang sudah dipanggang kedua sisinya, selada, acar, jalapeno serta daun ketumbar. Jangan lupa, tuangkan tabasco secukupnya.

Rasa gurih diperoleh dari daging ayam, pedas dari tabasco dan asam manis dari acar. Paduan yang komplit. Sandwich pada umumnya tidak menggunakan tabasco dan jalapeno atau acar cabe yang memberikan rasa asam.

Kudapan lain disajikan oleh Pastry Chef Hefferli Vebriano yaitu Passion Fruit Brownies dan Deep Fried Croissant with Cinnamon Sugar. Brownies ini spesial karena berbeda dengan brownies biasanya yang hanya memiliki satu rasa, misalnya coklat saja. Cake ini terdiri dari 3 rasa yaitu coklat, fruit jelly dan coklat mousse.

“Brownies kan identik dengan rasa manis dan lembut. Tapi Passion Fruit Brownies ada rasa buah dan creamy-nya,” ujar Chef Hefferli.

Ia juga meracik Deep Fried Croissant with Cinnamon Sugar yang renyah, gurih, lembut sekaligus rasa manis rempah yang didapat dari bubuk cinnamon sugar. Croissant ini tidak dioven seperti croissant umumnya, melainkan digoreng sehingga terasa garing, renyah dan gurih. Juga terasa lembut di bagian dalam ketika dikunyah dan ditelan.

Chef Hefferli menjelaskan cara membuatnya. Bikin adonannya dan biarkan selama 30 menit. Lalu goreng dengan minyak yang tidak terlalu panas dan seringlah membalik croissant agar warnanya merata. Kemudian tiriskan dengan tisu untuk menyeka sisa minyaknya. Selanjutnya taburi dengan bubuk cinnamon sugar. Siap disantap. Hmm...

“Croissant ini cocok disajikan pagi atau sore hari bersama kopi atau teh hangat. Bisa pula dengan minuman dingin. Terserah selera masing-masing,” ujarnya.

Menyantap kudapan kurang afdol tanpa minuman yang pas. Sebagai pelengkap, Beverage Manager Sheraton, Tomi Nugroho, meracik mocktail Lychee Mojito yang menyegarkan. Cocok dinikmati saat siang yang panas maupun malam hari yang gerah.

Minuman ini terbuat dari leci, daun mint, madu, lime atau jeruk nipis dan soda. Cara meraciknya simple. Daun mint ditekan-tekan pelan dan sebentar di dalam gelas untuk mengeluarkan aromanya, kemudian masukkan buah leci, sepotong lime atau jeruk nipis, madu dan soda. Tambahkan es batu. Rasa mocktail ini dominan asam. Jika ingin lebih manis, bisa menambahkan madu sesuai selera.


Hmm...segarnya.




Berita Lainnya
PMI Jatim & Jateng; Galang Kesiapsiagaan

Jawa Tengah, Kabarindo- Mengantisipasi dampak musim hujan, PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Platfrom Bengawan Solo dan Pertemuan Forum Sibat (Siaga Bencana


Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di


Indosat Ooredoo; Rayakan 50 Tahun Layani Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dan menegaskan komitmennya dalam mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia.

Komitmen tersebut direfleksikan dalam berbagai kegiatan


Segar & Sehat; Dengan Minuman Dari Aloe Vera

Surabaya, Kabarindo- Aloe vera yang lebih dikenal sebagai lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari sisi kesehatan, tanaman bergerigi dan berwarna hijau ini