Sedapnya Nasi Timbel & Sup Hot Tofu Seafood; Di Ibis Basra Surabaya


Nasi TImbel ala Ibis
Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Sajikan varian rasa yang komplit

Surabaya, Kabarindo- Nasi timbel pasti sudah pernah kita cicipi.

Menu yang berasal dari daerah Sunda ini punya banyak penggemar, karena rasanya sedap dan komplit. Menu ini menyajikan nasi, lauk dan sayuran.

Menu ini juga disajikan Hotel Ibis Surabaya City Center yang akrab disebut Ibis Basra karena terletak di Jl. Basuki Rahmat Surabaya yang biasa disingkat Basra.

Menurut Diar Listya, Humas Ibis Basra, hotelnya dikenal dengan ciri khas masakan tradisional yang disukai tamu. Karena itu selalu ada menu Indonesia. Namun sebagai hotel di pusat kota dan menerima tamu dari berbagai kalangan, terutama pebisnis, Ibis juga menyajikan selain menu-menu Indonesia diantaranya Chinese Food.

Setiap 3 bulan, hotel ini menawarkan promo menu spesial. Untuk Juli-September, Ibis menawarkan Nasi Timbel Basra dan Sup Hot Tofu Seafood kreasi Sous Chef Hanny Komala. Ia mengatakan, Ibis menyajikan Nasi Timbel, karena digemari banyak tamu. Juga bertujuan mengangkat kekayaan kuliner Nusantara. Sedangkan Sup Hot Tofu Seafood disajikan untuk mengimbangi menu lokal.

Nasi timbel biasanya terdiri dari nasi, empal, ikan asin, tahu tempe, sayur asem dan sambal. Namun Nasi Timbel Basra sedikit berbeda. Nasi disajikan dengan dibungkus daun pisang agar punel dan terjaga kehangatannya. Ketika daun dibuka, tercium aroma nasi yang harum berkat dibungkus daun pisang.

“Dinamai nasi timbel karena bungkusan nasinya berat seperti timbel. Nasi timbel kan dulu ceritanya dimasak untuk sangu petani yang berangkat ke sawah. Supaya tetap hangat, rasanya punel dan aromanya harum, nasinya dibungkus daun pisang. Tapi seiring perkembangan, ketika disajikan di resto, nasi jarang yang dibungkus daun pisang. Tapi di sini tetap menggunakan daun pisang,” ujar Chef Hanny pada Selasa (25/7/2017)

Jika biasanya salah satu lauk nasi timbel adalah ikan asin berupa potongan atau ikan asin bulu, Chef Hanny menggunakan teri nasi yang kecil-kecil berwarna putih. Sayur asemnya terbuat dari kacang panjang, kangkung, tomat dan potongan jagung muda. Untuk lalapannya adalah selada, tomat dan mentimun.

“Jadi nasi timbel menyuguhkan bermacam rasa dalam satu menu. Komplit. Ada rasa gurih dari tahu tempe, asin dari teri, manis dari empal, segar dari sayur asem dan pedas dari sambal bajak,” ujarnya.

Sedangkan bahan Sup Hot Tofu Seafood adalah tofu, udang, cumi, ikan dori, jamur kuping dan shitake. Chef Hanny membuat tofu sendiri dari telur ayam dan susu sehingga rasanya lembut. Bumbunya adalah kaldu seafood, gula, sedikit cuka hitam untuk pewarna, sedikit asem, kecap asin dan minyak wijen.

Cara memasaknya mudah. Didihkan kuah seafood selama 5 menit, masukkan semua bahan dan bumbu lalu rebus selama 5 menit. Kemudian kentalkan dengan tepung tapioka, selanjutnya tambahkan minyak wijen secukupnya.

Menurut Chef Hanny, Nasi Timbel Basra lebih cocok dinikmati siang hari saat cuaca panas. Sedangkan Sup Hot Tofu bisa dinikmati siang maupun malam. Keduanya sama-sama segar dan enak. Soal pilihan, terserah selera masing-masing.












Berita Lainnya
PMI Jatim & Jateng; Galang Kesiapsiagaan

Jawa Tengah, Kabarindo- Mengantisipasi dampak musim hujan, PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Platfrom Bengawan Solo dan Pertemuan Forum Sibat (Siaga Bencana


Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di


Indosat Ooredoo; Rayakan 50 Tahun Layani Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dan menegaskan komitmennya dalam mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia.

Komitmen tersebut direfleksikan dalam berbagai kegiatan


Segar & Sehat; Dengan Minuman Dari Aloe Vera

Surabaya, Kabarindo- Aloe vera yang lebih dikenal sebagai lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari sisi kesehatan, tanaman bergerigi dan berwarna hijau ini