Lezatnya Sup Labu Seafood; Ala Chef Goh Dari Shangri-La Surabaya


Nasi ala Nanyang
Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Padukan seafood dan sayuran

Surabaya, Kabarindo- Sup sebagai hidangan pembuka sudah biasa kita nikmati, namun di tangan trampil Chinese Executive Chef Goh Wooi Cheat, tampilan dan rasanya bisa berbeda.

Ia adalah Chinese Executive Chef yang baru di Shang Palace, Shangri-La Hotel Surabaya. Ia membawahi tim kuliner di resto ini dan berperan mengembangkan menu-menu, menjaga kualitas standar penyiapan makanan serta mengawasi semua jenis masakan Cina yang akan disajikan untuk tamu yang mengadakan acara di banquet Shangri-La.

Chef Goh telah bekerja sebagai koki selama 33 tahun di beberapa jaringan hotel bintang lima di Singapura, Malaysia dan Beijing. Surabaya bukan kota yang asing baginya, karena pernah bekerja di sini pada 2009-2011. Jadi ia memahami karakter tamu di Surabaya dan selera mereka terhadap masakan Cina. Tamu bisa menikmati menu-menu baru yang lezat dalam tampilan yang modern.

Pengalamannya selama puluhan tahun di dunia kuliner membuat Chef Goh terus berkreasi menciptakan menu-menu baru, paling tidak setahun 2 kali di Shang Palace. Ia memasak mengikuti musim. Karena Indonesia hanya memiliki 2 musim dan saat ini memasuki musim kemarau, maka ia berkreasi dengan menu-menu yang lebih segar dan menambahkan sayur atau buah.

“Ciri khas kreasi Chef Goh menggunakan lebih banyak bahan sayur atau buah yang memberikan kesegaran pada musim kemarau. Ia juga memperhatikan detil makanan yang disajikan,” ujar Renny Herwanto, Communications Manager Shangri-La Surabaya, pada Kamis (20/7/2017).

Kali ini Chef Goh menyajikan hidangan pembuka hingga penutup diantaranya Braised Fish Maw with Prawns, Dried Scallops and Cucumber in Chef ’s Recipe Soup served in a Pumpkin (Sup Labu Seafood), Crispy Shredded Duck with Seasonal Fresh Fruits and Almond in Homemade Sauce atau Chinese Pancake dan Baked Halfhour Rice with Seafood in Curry Sauce Nanyang Style.

Bahan utama Sup Labu Seafood adalah ikan Maw. Dagingnya putih dan lembut. Menurut Chef Goh, ikan Maw atau yellow fish mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan tulang sendi dan kulit. Bahan lainnya adalah udang, scallop dan irisan mentimun.

Setelah semua bahan direbus dengan bumbu-bumbunya, kemudian disajikan di wadah labu ukuran kecil yang telah dikeluarkan isinya. Sebelumnya, labu dikukus sekitar 15 menit agar daging labu yang menempel di kulitnya cukup empuk untuk disantap hangat-hangat bersama sup.

Warna orange labu memikat mata dan aroma kuah sup yang dituangkan ke dalam labu menggoda selera untuk segera menyantapnya. Rasanya segar dan lezat yang memadukan cita rasa seafood dengan mentimun dan manisnya daging labu yang lembut. Daging labu cukup empuk untuk dikeruk dengan sendok dan disantap dengan isi sup beserta kuah. Hmm..bukan main di lidah.

Sebagai minuman pendamping, bisa memilih menuman hangat teh hijau, jasmine tea atau teh krisan. Teh hijau dan jasmine tea pasti sudah sering kita nikmati dan terasa biasa di lidah. Namun teh krisan memberikan rasa yang berbeda. Sebaiknya diminum tanpa gula agar rasanya benar-benar terjaga.




Berita Lainnya
Mahasiswa Bangka Belitung; Terima Vivian Gordon Bowden

Jakarta, Kabarindo- Perwakilan Kedutaan Besar Australia menyerahkan Penghargaan Pendidikan Vivian Gordon Bowen pekan ini untuk dua mahasiswa Universitas Bangka Belitung, Nopa Laura dan Muhammad Abdul Kadir.


Mercure Surabaya Rayakan Imlek; Sajikan Kuliner Oriental

Surabaya, Kabarindo- Tahun Baru Cina atau Imlek jatuh pada Jumat (16/2/2018) yang dirayakan masyarakat keturunan Cina di seluruh dunia, termasuk oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Dalam


Woman On Top With Prita Kemal Gani; Di Gelar Lagi

Jakarta, Kabarindo- LSPR School of Public Relations-Jakarta dan MRA Broadcast Media Division kembali menggelar talkshow off air Woman on Top with Prita Kemal Gani Special “Empowering Through


SHARP Electronics Indonesia; Latih Siswa SMKN 3 Karawang

Surabaya, Kabarindo- PT SHARP Electronics Indonesia melalui program CSR ‘SHARP CLASS’  mulai memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada siswa-siswi SMKN 3 Karawang.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penduduk