Pulau Samalona Makassar; Mendunia

Kontributor : Teks; Asrul Muchsen / Foto2: IsT

Banyak Aktivitas Seru

Jakarta, Kabarindo– Keindahan kota Makassar tidak hanya sebatas Pantai Losari saja, karena ada banyak tempat lain yang dapat dengan mudah Anda kunjungi saat berada di Makassar sehingga perjalanan di Makassar bisa lebih lengkap dan bervariasi.

Anda tentunya sudah tahu salah satu tempat wisata bernama Fort Rotterdam yang merupakan benteng peninggalan Belanda dan jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Losari. Di benteng itu tidak hanya pemandangan benteng saja yang bisa Anda lihat, karena tidak jauh dari dari sana, kalian akan menemukan pulau yang bernama Pulau Samalona Makassar.

Mungkin Anda belum banyak mendengar tentang keindahan Pulau Samalona Makassar ini, namun jika berkesempatan untuk datang ke pulau kecil itu akan bisa merasakan keindahannya. Tentunya sebagai Negara kepulauan sudah tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali pulau yang tersebar. Pulau Samalona hanyalah satu dari sekian banyak pulau kecil yang indah di Indonesia. Jika Anda ingin merasakan keindahan pulau ini, maka Anda bisa mengunjungi dengan perahu sewaan yang ada di dermaga Fort Rotterdam.

Perjalanan Menuju Pulau Samalona Makassar

Anda harus menyewa perahu untuk dapat menyebrang sampai ke Pulau Samalona. Tersedia perahu sewaan yang akan mengantarkan, biasanya ada 2 macam perahu yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menyebrang ke Pulau Samalonau, pertama ada perahu yang bisa menampung sampai 10 orang dengan tarif PP Rp 500.000 – Rp 600.000 dalam waktu 20 menit perjalanan. Kemudian ada perahu kedua bernama Katinting dengan tarif lebih murah yaitu PP Rp 250.000 sampai Rp 300.000.

Selama perjalanan dari Dermaga Fort Rotterdam sampai ke pulau samalona bisa menikmati pemandangan indah dengan angin semilir khas pantai, jika Anda beruntung bisa melihat ikan terbang yang meloncat ke sana kemari. Sama halnya dengan tempat wisata lain, diakhir pekan dan hari libur pulau ini akan lebih ramai.

Jika Anda datang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk, namun untuk bersantai di sana harus membayar untuk bae-bale atau gazebo dan bisa menggunakannya untuk bermalam. Pulau ini dimiliki oleh beberapa orang yang nama-namanya bisa dilihat pada sebuah papan di dekat dermaga.

Pulau ini berukuran kecil namun sangat indah, saat berada di sana sempatkanlah untuk berjalan kaki menyusuri pesisir pantai. Dalam waktu 20 menit akan bisa mengitari seluruh pulau, tentunya menyenangkan berjalan mengelilingi pulau ini. Uniknya pulau ini dimiliki oleh 7 (tujuh) keluarga yang sekaligus menjadi penduduk tetap di Pulau Samalona. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan di pagi hari saat matahari terbit atau di sore hari sembari melihat matahari terbenam, suasananya akan terasa romantis di waktu itu.

Kegiatan favorit wisatawan yang datang adalah berenang dan snorkeling di bibir pantai, air laut di Pulau Samalona ini tergolong jernih sehingga aman untuk berenang di tepian pantainya. Untuk snorkeling perlu menyewa alat-alat yang sudah disiapkan oleh warga setempat, biaya sewa Rp 50.000.

Karena kejernihan airnya Anda bisa melihat indahnya bawah laut saat snorkeling. Selain itu, ada juga kegiatan yang bisa dilakukan beramai-ramai yaitu bermain Banana Boat, ombak di pantai yang tidak besar membuat permainan ini sama sekali tidak berbahaya. Tentunya kegiatan ini akan menjadi pengalaman menyenangkan di Pulau Samalona. Artikel lengkap dapat dilihat di https://blog.ezytravel.co.id/pulau-samalona-makassar/ .









Berita Lainnya
Santika Sajikan Kuliner Daerah; Rayakan HUT Ke-36

Surabaya, Kabarindo- Santika Indonesia Hotels and Resorts merayakan hari jadi ke-36 pada 22 Agustus 2017. Sebagai rasa syukur, Hotel Santika dan Hotel Santika Premiere di seluruh Indonesia


FFI 2017 Siap Di Kota Manado; 11 November Mendatang

Jakarta, Kabarindo- Akhir Agustus setelah gegap gempita HUT Kemerdekaan adalah pengumuman Manado sebagai kota penyelenggaraan puncak acara FFI 2017.

Leni Lolang selaku ketua panitia FFI dari


200 Prajurit TNI; Di Afrika Terima Medali CAR

Jakarta, Kabarindo- 200 Prajurit TNI, terdiri dari 178 TNI AD, 18 TNI AL dan 4 TNI AU yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Konga)


TNI AL; Bangun Dermaga Di Sangihe

Sangihe, Sulawesi Utara, Kabarindo- Komandan Pangkalan TNI AL Tahuna, Kolonel Pelaut Setyo Widodo, menyatakan, mereka akan segera membangun dermaga di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Menurut dia, di