Songsong Ramadhan & Libur Lebaran 2017; XL Tambah Kapasitas Jaringan 2-3 Kali Lipat



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Siap layani dengan signal kuat

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. telah menyiapkan jaringan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran.

Serangkaian uji jaringan telah dilakukan di berbagai daerah, terutama di area-area yang selama ini mengalami kenaikan trafik saat Ramadan dan libur panjang Lebaran. Tujuannya memastikan kemampuan jaringan dan mengantisipasi kenaikan trafik semua jenis layanan.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan pihaknya akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibandingkan pada hari-hari biasa.

“Dengan penambahan kapasitas tersebut, kami optimis akan mampu mengatasi jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan. Secara khusus, kami juga akan memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan untuk mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas,” ujarnya pada Kamis (18/5/2017).

Dari kegiatan uji jaringan dapat diketahui keunggulan dan kelemahan jaringan. Hasil uji jaringan yang telah XL lakukan menunjukkan secara umum jaringan telah siap melayani pelanggan selama Ramadan dan Lebaran nanti. Untuk lebih memastikan, di sejumlah lokasi yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik, telah ditambah perangkat serta memanfaatkan teknologi pengalihan kapasitas secara simultan. Juga akan dilakukan pemantauan secara ketat untuk memastikan jaringan bekerja dengan maksimal.

Uji jaringan telah dilakukan pada jalur kereta utara dan selatan Jakarta – Surabaya, jalan tol pantai utara Jawa, jalan lintas selatan Jawa, lintas utara dan selatan Madura, lintas barat, tengah dan selatan Sumatera, lintas Balikpapan – Samarinda, lintas Banjarmasin – Palangkaraya, Banjarmasin – Barabai, lintas Pontianak – Singkawang dan Gilimanuk – Denpasar – Padang Bai.

Uji jaringan sesuai standar yang disarankan oleh pemerintah dilakukan dengan cara melakukan drive test dan customer experience test. Perangkat yang dipakai antara lain adalah TEMS (test mobile system) untuk drive test dan smartphone untuk customer experience test. Dalam uji jaringan ini, kendaraan yang dipergunakan berjalan dalam kecepatan normal.

Penyediaan jaringan juga menyesuaikan dengan kondisi jalur transportasi utama di Jawa maupun pulau lain. Seperti diketahui, pemerintah sedang membangun jalan tol lintas Jawa dan Sumatera. Beberapa ruas jalan tol paling baru diperkirakan akan bisa dioperasikan saat musim mudik nanti. XL memasang perangkat telekomunikasi di sepanjang ruas-ruas jalan baru tersebut.

XL melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan, antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta dan pelabuhan. Tim XL juga akan siaga di jalur utama mudik di berbagai daerah, terutama di sepanjang jalur pantura Jawa dan jalur selatan yang rawan kemacetan.

XL juga menjaga performa jaringan di Bali sebagai daerah tujuan wisata utama dunia. Jalur darat yang menghubungkan kota-kota di Jawa dengan Bali dipastikan akan mengalami kepadatan. Penguatan jaringan akan dilakukan di titik-titik kepadatan di berbagai lokasi wisata populer, area publik seperti pusat perbelanjaan, Bandara Ngurah Rai, penyeberangan Gilimanuk.

Layanan XL di Bali didukung lebih dari 3.000 BTS, 550 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Layanan 4G sudah menjangkau 9 kabupaten/kota di Bali maupun destinasi wisata popular di pantai, perkotaan, pedesaan hingga daerah pegunungan. Sementara itu, layanan 3G sudah menjangkau semua wilayah, sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan data digital yang berkualitas.

Hingga kuartal pertama 2017, pelanggan XL di Bali mencapai lebih dari 2 juta. Sekitar 41% di antaranya aktif menggunakan layanan data digital, sedangkan 30% menggunakan 4G LTE.




Berita Lainnya
Kota Pontianak; Siap Pecahkan Rekor MURI Khatam Alquran Massal

Pontianak, Kabarindo - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam rangka kegiatan khataman Alquran secara massal, kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.


Wapres JK Di Sidang Umum PBB; Pimpin Delegasi Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Wakil Presiden M Jusuf Kalla.

Ia memimpin langsung delegasi Republik Indonesia dalam pertemuan tingkat tinggi di Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-72 di markas


Lokawisata Baturraden; Sambut 1Muharram 1439 H

Purwokerto, Kabarindo- Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah bersama Lokawisata Baturraden menyiapkan kegiatan "Grebeg Suran Baturraden" untuk menyambut Tahun Baru 1439 Hijriah.


Presiden Jokowi Buka IBD Expo 2017; Bahas Perkembangan Digital

Jakarta, Kabarindo- Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta pada 20-23 September 2017 membahas perkembangan ekonomi digital.