Indonesia Pulau Giliyang; Punya Kadar Oksigen Lebih Besar


Batu Canggha Gili Iyang Sumenep
Kontributor : Teks; Arul Arista / Foto2: IsT

Jadi Wisata Kesehatan

Sumenep, Jawa Timur, Kabarindo- Di seluruh muka Bumi, kandungan rata-rata oksigen di udara sekitar 21 persen. Namun di Pulau Giliyang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, kadar oksigen di sana lebih besar dari 21 persen itu.

Artinya terbaik untuk kesehatan pernafasan, para penderita paru atau TBC akut atau asma yang butuh kadar oksigen tinggi.

Atas keistimewaan inilah maka Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) meminta pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur "mengistimewakan" Pulau Giliyang (ada juga yang menyebut Gili Iyang).

Wisata kesehatan potensial dikembangkan di pulau ini berdasar kandungan oksigennya yang melimpah itu.

"Setiap rencana pengembangan Pulau Giliyang harus melalui pertimbangan khusus, yakni kadar oksigen yang di atas rata-rata itu harus terjaga. Istimewanya dalam konteks itu," ujar Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN, Halimurrahman, di Sumenep, Senin.

Halimurrahman berada di Sumenep, Pulau Madura, atas undangan pemerintah daerah guna membahas rencana pengembangan Pulau Giliyang.

Salah satu rencana pengembangan Pulau Giliyang itu adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga diesel.

"Kami tidak ingin menghalangi setiap rencana pengembangan di Pulau Giliyang. Namun, sekali lagi, jangan sampai membuat kadar oksigennya turun," kata Halimurrahman.

Sesuai hasil penelitian LAPAN pada 2006 dan penelitian lembaga lainnya pada 2011 dan 2013, Pulau Giliyang, di Kecamatan Dungkek, itu salah satu daerah dengan kadar oksigen terbaik di dunia.

"Gas buang dari mesin PLTD yang beroperasi secara terus-menerus tersebut berpotensi membuat kandungan oksigen tercemar atau menurun," ujarnya.

Menanggapi saran itu, Bupati Sumenep, A Busyro Karim, menyatakan, "Kami memang ingin meminta masukan dan saran. Kadar oksigen di Pulau Giliyang itu memang harus dijaga, karena tidak hanya menjadi salah satu ikon wisata di Sumenep, akan tetapi juga di Jawa Timur," paparnya lugas seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
PMI Jatim & Jateng; Galang Kesiapsiagaan

Jawa Tengah, Kabarindo- Mengantisipasi dampak musim hujan, PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Platfrom Bengawan Solo dan Pertemuan Forum Sibat (Siaga Bencana


Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di


Indosat Ooredoo; Rayakan 50 Tahun Layani Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dan menegaskan komitmennya dalam mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia.

Komitmen tersebut direfleksikan dalam berbagai kegiatan


Segar & Sehat; Dengan Minuman Dari Aloe Vera

Surabaya, Kabarindo- Aloe vera yang lebih dikenal sebagai lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari sisi kesehatan, tanaman bergerigi dan berwarna hijau ini