Menpar Arief Yahya; Beri Penghargaan Pemenang Sayembara Desain Toilet Umum

Kontributor : Teks & Foto2; Anton MP (Senior Journalist)

Pendukung Penting Lokasi Wisata

Gunung Sahari, Jakarta, Kabarindo- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan hadiah kepada 6 (enam) pemenang Sayembara Desain Toilet Umum di Swiss Bell Hotel, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, akhir pekan ini.

Dalam sambutannya, Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan Sayembara Desain Toilet Umum yang di inisiasi oleh Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) serta didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Perhubungan.

Sayembara diselenggarakan dalam upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang menargetkan berada di ranking 30 dunia, serta mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air hingga akhir 2019 mendatang.

"Daya saing pariwisata Indonesia saat itu berada di ranking 50, dari semula ranking 70. Salah satu kelemahan yang harus terus diperbaiki adalah masalah kesehatan dan higienitas. Menurut data World Economic Forum (WEF, 2015) kita masih berada di posisi 109 untuk unsur kesehatan dan sanitasi, ini‎ menjadi perhatian kita bersama," kata Arief Yahya.

Penyelenggaraan sayembara tersebut dimaksudkan untuk memberi tantangan baru bagi para desainer dalam membuat desain toilet yang efisien, nyaman, higienis, dan ramah lingkungan, juga merupakan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya toilet umum bagi
sanitasi dan kesehatan yang lebih baik, serta mendukung terciptanya iklim pariwisata yang kondusif.

Sayembara Desain Toilet Umum mendapat sambutan antusias dari masyarakat Sebanyak 231 desain kreatif masuk ke tim panitia untuk kemudian di seleksi oleh juri menjadi 60 desain nominator dan
akhirnya menetapkan masing-masing satu pemenang untuk 6 kategori, yaitu: Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pegunungan, Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pantai, Toilet Apung pada homestay di atas air/water villa, Toilet Umum di Kawasan Konservasi Alam, Toilet Umum di Pasar Rakyat/tradisional, serta Toilet Umum UPBU Bandara.

‎Acara tersebut dihadiri Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso dan perwakilan dari masing-masing Kementerian LHK dan Kementerian Perhubungan.

Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso ‎menyatakan, "Penyelenggaraan Sayembara Desain Toilet Umum bertujuan untuk mendapatkan ide desain toilet terbaik yang ramah lingkungan dan sesuai kebutuhan spesifik di berbagai destinasi. Kami juga sekaligus ingin men-sosialisasikan Standar Toilet Umum ASEAN serta Standar Toilet Indonesia yang dibuat pada budaya Indonesia. Kedua standar toilet umum ini dapat diperoleh secara gratis melalui download di website kami asosiasitoilet-indonesia.org," ungkap Naning.

Berikut ini kategori desain yang dikompetisikan dalam Sayembara Desain Toilet Umum adalah:

    Satu pemenang kategori desain toilet umum di destinasi wisata kawasan pegunungan
    Satu pemenang kategori desain toilet umum di destinasi wisata kawasan pantal
    Satu pemenang kategori desain toilet apung untuk homestay apung. ‎ Dari urutan 1-3 pemenang tersebut, masing-masing mendapat hadiah sebesar Rp 50 juta potong PPn dari Kementerian Pariwisata.
    Satu pemenang kategori desain toilet umum di pasar tradisional.
    Satu pemenang kategori desain toilet umum di kawasan konservasi alam.‎ Dari urutan 4-5, masing-masing mendapat hadiah sebesar Rp 50 juta potong PPn dari Kementerian Lingkungan‎ Hidup dan Kehutanan.
    Satu pemenang kategori desain toilet umum di Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU), dan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta.

‎"Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan kepada semua pihak yang telah ikut terlibat dalam mendorong pariwisata Indonesia dan menyediakan toilet umum yang bersih, higienis, ramah Iingkungan, dan ramah bagi masyarakat luas. Dengan demikian pariwisata Indonesia akan menjadi pariwisata bagi semua (tourism for all), daya saing kepariwisataan Indonesia meningkat, dan tujuan pembangunan berkelanjutan tercapai," ringkasnya.




 

 







Berita Lainnya
PMI Jatim & Jateng; Galang Kesiapsiagaan

Jawa Tengah, Kabarindo- Mengantisipasi dampak musim hujan, PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Platfrom Bengawan Solo dan Pertemuan Forum Sibat (Siaga Bencana


Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di


Indosat Ooredoo; Rayakan 50 Tahun Layani Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dan menegaskan komitmennya dalam mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia.

Komitmen tersebut direfleksikan dalam berbagai kegiatan


Segar & Sehat; Dengan Minuman Dari Aloe Vera

Surabaya, Kabarindo- Aloe vera yang lebih dikenal sebagai lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari sisi kesehatan, tanaman bergerigi dan berwarna hijau ini