LLP-KUKM; Tampil Prima Di Ajang Femme Makassar 2016

Kontributor : Teks & Foto2; Anton MP (Senior Journalist)

Produk UKM Mitra Unggulan Kebanjiran Pembeli

Makassar, Sulawesi Selatan, Kabarindo- Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM tampil prima di ajang festival fashion Femme Makassar 2016 di Makassar yang berlangsung pada tanggal 11-15 Mei 2016.

LLP-KUKM mengajak UKM mitra unggulannya untuk pameran di event tersebut. Dengan mengusung brand Galeri Indonesia WOW, LLP-KUKM juga menampilkan produk fashion terbaiknya dalam fashion show di ajang Femme 2016.

Dampaknya, para pelaku UKM mitra LLP-KUKM yang menjadi peserta pameran di stand Galeri Indonesia WOW kebanjiran pembeli. Para pembeli bukan hanya konsumen lokal tetapi juga nasional dan mancanegara. Total omzet UKM mitra selama pameran itu mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu ada pemesan pembeli sebanyak 500 celana legging setiap bulan merek Jasmine dari Bandung dan perhiasan berlian UKM Martapura Kalimantan.

Selama pameran hampir semua produk UKM yang dipamerkan laris dibeli pengunjung. Pada hari pertama misalnya, produk paket perlengkapan sholat milik UKM Refni seperti Sajadah Cinta  dan Mukena Bunda banyak dibeli pengunjung. Produk tersebut unik, karena dapat digunakan sholat dengan tampilan yang fashionable. Motif Sajadah Cinta maupun Mukena Bunda merupakan kolaborasi antara batik, tenun, dan songket. Sementara untuk alas sajadah Refni ada yang dibuat dari bahan perlak sehingga anti basah dan dapat digunakan untuk sholat di lapangan ataupun area terbuka tanpa takut basah. Bagi kaum hawa, ibadah juga bisa tampil modis. Karena itu tidak diragukan lagi produk tersebut menjadi salah satu mahar dalam pernikahan, yakni seperangkat alat sholat.

Di ajang Fashion Show, LLP-KUKM menampilkan produk Karya desainer mitra yang ikut dalam pameran. Para model memakai produk yang terdiri dari baju, celana, sepatu dan asesoris UKM mitra yang produknya ada di Galeri Indonesia WOW. Mereka antara lain Hajjas Fashion, Tajmaul, Autic Etnhik, dan Paras Ayu.

Setiap kali ikut pameran, LLP-KUKM memilih produk unggulan dari berbagai kategori produk. Untuk itu LLP-KUKM memiliki dewan kurator yang menyeleksi setiap produk dan UKM yang akan menjadi mitra dengan parameter dari sisi Kreativitas dan Produktivitas.

Menurut Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi, para pelaku usaha yang sudah lolos seleksi itu diikutkan dalam pelatihan peningkatan kapasitas dengan beragam tema agar produk dan skill para pelaku usaha semakin berkembang.

"Bukan hanya memasarkan produk, Kami juga mengembangkan kemampuan pelaku usaha, agar produk mereka memiliki daya saing tinggi dibanding produk asing. UKM yang menjadi mitra kami mendapat beragam fasilitas agar mereka dapat berkompetisi dengan produk asing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN," ujar Ahmad Zabadi.

Karena itu, produk yang ada di Galeri Indonesia WOW  kerap dicari pembeli. Galeri Indonesia WOW yang buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam di Kawasan SME Tower Jakarta seringkali didatangi buyer lokal dan mancanegara. Mereka mencari produk unik nusantara dari 34 provinsi di Indonesia.




Berita Lainnya
Sampoerna University Berikan Dana Kuliah hingga US$ 2 Juta

Jakarta, Kabarindo– Sampoerna University hari ini mengumumkan “Sampoerna University Best and Brightest Merit Awards” untuk tahun akademik 2018-2019 sebagai bukti komitmennya dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.


Citilink Indonesia 2018; Dukung Pariwisata Samosir

SAMOSIR, Kabarindo- Citilink Indonesia mendukung internasionalisasi pariwisata Kabupaten Samosir melalui penandatanganan nota kesepakatan kerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat.

"Citilink Indonesia sangat bangga bisa turut serta


16 Investor Amerika; Sambangi KEK Mandalika

Jakarta, Kabarindo- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York membawa sebanyak 16 investor Amerika Serikat ke Indonesia untuk melakukan kunjungan ke sejumlah daerah yang memiliki potensi bisnis,


Mahasiswa Bangka Belitung; Terima Vivian Gordon Bowden

Jakarta, Kabarindo- Perwakilan Kedutaan Besar Australia menyerahkan Penghargaan Pendidikan Vivian Gordon Bowen pekan ini untuk dua mahasiswa Universitas Bangka Belitung, Nopa Laura dan Muhammad Abdul Kadir.