Indonesia Fashion Forward; Sambangi Pabrik Tekstil

Kontributor : Teks; Arul Arista / Foto2: IsT

Memperdalam Pengetahuan Seputar Pengolahan Kain

Jakarta, Kabarindo- Memasuki tahun kesembilan.

Jakarta Fashion Week mengadakan Indonesia Fashion Forward Factory Visit pada tanggal 11–15 April 2016, yaitu kunjungan ke kota-kota yang menjadi pusat produksi tekstil di Indonesia seperti Pekalongan, Boyolali, dan Solo.

“Selain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desainer yang dibina dalam program Indonesia Fashion Forward, melalui kegiatan ini Jakarta Fashion Week mengajak pelaku mode dan masyarakat umum untuk lebih memahami proses produksi kain dan pakaian jadi di Indonesia, serta mendorong para desainer untuk menggunakan bahan dasar kain Indonesia,” kata Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week.
Kain tidak hanya berfungsi sebagai bahan dasar untuk menghasilkan pakaian atau busana yang kita kenakan setiap hari, tetapi juga memiliki peran penting dalam dunia fashion. Jenis serat, warna, motif, daya tahan, dan daya serap kain akan berpengaruh terhadap desain yang dirancang oleh desainer.

Pabrik tekstil yang menjadi tujuan para peserta antara lain adalah pabrik yang menghasilkan kain khas Indonesia, contohnya PT Pismatex yang merupakan produsen sarung Gajah Duduk, workshop tekstil Dian Pelangi, pabrik tekstil Dan Liris, serta Batik Danar Hadi. Kunjungan juga diadakan ke pabrik yang memproduksi pakaian untuk merek internasional seperti PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) dan Pan Brothers. Kegiatan Indonesia Fashion Forward Factory Visit ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang produsen lokal yang mampu memproduksi kain dan pakaian dengan kapasitas besar dan memenuhi standar internasional. Melalui kegiatan ini para peserta, yaitu desainer, pecinta serta pelaku mode, dan masyarakat umum juga dapat memperluas jaringan dan membuka peluang kerja sama dengan produsen tekstil dalam negeri.

Di samping melihat langsung pengolahan kain dan pembuatan pakaian dengan menggunakan teknologi canggih, peserta juga diajak mengunjungi Museum Batik Pekalongan yang merupakan tujuan tepat untuk mengetahui sejarah dan perkembangan batik di Indonesia.




Berita Lainnya
Agus Salim 'The Grand Old Man'; Dilayarlebarkan

Pavillon Petogogan, Kebayoran, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu sudah mengenal baik sosok pahlawan fenomenal, cerdas, humanis Hadji Agus Salim -1884-1954 ?

Yah, anak Minang yang berjuluk 'The


250 Perempuan Dari 27 Provinsi Di Indonesia; Ikut Hibah Cipta Media Ekspresi


Jakarta, Kabarindo- Satu bulan menjelang tutup pendaftaran, Cipta Media Ekspresi - hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni - telah menerima lebih dari 250


Donasi TopDonasi100 TokoPedia; Makin Diminati

JAKARTA, Kabarindo– Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) bekerja sama dengan Tokopedia melakukan penyerahan donasi Rp100 yang dihimpun dari Toppers (pengguna Tokopedia) kepada Lembaga Pembinaan Khusus Anak


ZALORA; Giatkan KAMPANYE "OWN NOW"

Jakarta, Kabarindo- ZALORA, destinasi fashion online terbesar di Asia, kembali meluncurkan kampanye terintegrasi di 6 negaranya.

Kampanye ini menempatkan fokus pada ZALORA sebagai fashion enthusiast