Indonesia Punya Harry Halim; Bermukim Di Paris



Kontributor : Teks; Harry Samputro / Foto2: IsT

Diusung Oleh Vespa di JFW 2014

Jakarta, Kabarindo- Harry Halim, desainer mode asal Indonesia yang bermukim di Paris, adalah seniman yang sukses menterjemahkan garis desain yang berbeda kedalam dunia ready-to-wear.

Tingginya tingkat craftsmanship pada detil setiap helai koleksi, berpadu dengan kejelian cutting ala tailor khas Parisian couture, telah menjadi visinya sejak tahun 2006. Lini pakaian wanita pertamanya dilansir pada tahun 2006, dimana Harry menamatkan pendidikan fashion dari LaSalle, Singapore, serta memulai karir fashion pertamanya. Pada tahun yang sama, ia juga berhasil memenangkan Asian Young Designer Contest serta resmi menjadi salah satu desainer pilihan Mercedes-Benz Asia Fashion Awards.

Pada tahun 2007, Harry Halim melansir koleksi keduanya pada Singapore Fashion Festival dengan melanjutkan ciri khas garis desainnya, yaitu perpaduan keindahan elegaan yang berani. Koleksi ketiganya, LIES, dilansir pada Singapore Fashion Week pada tahun berikut. Press dan buyers dari berbagai negara pun memberikan berbagai review positif serta menyematkan predikat modern-couturier padanya.

Pada tahun 2008, Harry Halim memenangkan Best Asian Designer of the Year serta tampil pada International industry-go-to compendium, Asian Young Fashion Designers. Di tahun yang sama, ia memutuskan untuk pindah ke Paris dan membangun label HARRYHALIM. Dengan semangat konsisten mengangkat lini dengan konsep senada, perjuangannya menembus industri mode Prancis pun berbuah indah. Pada tahun 2010, ia resmi terpilih dan diterima oleh Federation francaise de la couture, du prêt-a-porter des couturiers er des creaturs de mode. Dengan demikian, hingga saat ini Harry Halim merupakan satu-satunya desainer fashion asal Indonesia yang berhak mempresentasikan karya pada Paris Fashion Week setiap musimnya serta tercatat sebagai peserta resmi dalam official schedule yang dirilis oleh federasi mode paling bergengsi di dunia ini.

Dengan menegaskan garis desain yang istimewa, modern- dark beauty – romantisme serta keindahan sensual, daya imajinasi yang penuh provokasi namun tetap mewah, tertuang dalam setiap karyanya yang tersedia di berbagai gerai fashion premium beberapa negara.

Musim ini, HARRYHALIM merepresentasikan wanitanya dalam sentuhan lebih dewasa dan elegan namun tetap dalam ranah karakter desainnya, yaitu dark beauty. Beberapa gaya desain khasnya kembali tertuang melalui pemaparan teknik baru seperti crochet olahan tangan dan garis tailor yang maskulin. 

 
|VENA| Spring/Summer 2014 collection
Dalam bahasa latin, Vena merupakan nadi. Sebuah medium yang memiliki fungsi fatal untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Merah adalah warna utama dari koleksi ini. Meski tidak tertuang di seluruh helainya, namun sentuhannya dapat terasa pada setiap detil elemen yang tercipta, membawa kita ke alam HARRYHALIM.

Berbagai pilihan garmen dan cutting melambangkan anatomi tubuh manusia, terpancar melalui keindahan kecantikan misterius dan batin setiap pribadi, dimana paparan surealis, romansa dan penyesalan bertemu, membalut tubuh manusia yang mengenakan koleksi ini.

Pada koleksi ini, Harry Halim mengolah berbagai garmen secara eksperimental untuk menciptakan garis feminin dan mewah. Memadukan busana dalam ranah couture serta ready-to-wear merupakan sentuhan pribadi yang akan kerap ditawarkan oleh brand ini. Setiap helai koleksi merupakan hasil desain Harry Halim selaku creative director beserta tim-nya, di studio mode miliknya di jantung kota Paris. Keunikan signature style HARRYHALIM merupakan hal yang ditawarkannya pada setiap koleksi yang dilansir.

VENA telah diluncurkan pertama kali pada Paris Fashion Week, 24 September – 2 October 2013, dimana HARRYHALIM menciptakan showroom unik di area Le Marais, Paris. Koleksi ini telah menuai berbagai pujian dari press dan buyers asal berbagai negara. Kepiawaian Harry Halim dalam menciptakan craftsmanship tinggi dengan berbagai kejutan indah adalah musababnya. Mengakui prestasi yang telah dicapai desainer muda ini, Vespa, sebuah brand otomotif dunia yang berbasis di Italia, memberikan penghargaan kepada Harry Halim melalui panggung Jakarta Fashion Week 2014, pada tanggal 22 Oktober 2013. Sebagai cabang perusahaan yang berdiri di Indonesia, PT. Piaggio Indonesia menasbihkan Harry Halim sebagai salah satu tokoh Vespa Inspiring People 2013. Pada kesempatan ini, ke-20 koleksi VENA akan tampil pada perhelatan mode yang paling ditunggu oleh industri mode Indonesia.

Saat ini koleksi HARRYHALIM dipasarkan di Paris, Florence, Milan, San Francisco, Saudi Arabia, Odessa dan Kiev. HARRYHALIM juga telah menjadi pilihan berbagai bintang dunia, antara lain Solange Knowles, Jessica 6, Anything Maria, Raline Shah dan banyak lagi.




Berita Lainnya
Kota Pontianak; Siap Pecahkan Rekor MURI Khatam Alquran Massal

Pontianak, Kabarindo - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam rangka kegiatan khataman Alquran secara massal, kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.


Wapres JK Di Sidang Umum PBB; Pimpin Delegasi Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Wakil Presiden M Jusuf Kalla.

Ia memimpin langsung delegasi Republik Indonesia dalam pertemuan tingkat tinggi di Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-72 di markas


Lokawisata Baturraden; Sambut 1Muharram 1439 H

Purwokerto, Kabarindo- Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah bersama Lokawisata Baturraden menyiapkan kegiatan "Grebeg Suran Baturraden" untuk menyambut Tahun Baru 1439 Hijriah.


Presiden Jokowi Buka IBD Expo 2017; Bahas Perkembangan Digital

Jakarta, Kabarindo- Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta pada 20-23 September 2017 membahas perkembangan ekonomi digital.