Takbiran Dari Victoria Park; Bersama KJRI Hong Kong





Kontributor : Teks: Arul ArisTa (Senior Editor) / Foto2: Ist

Bersama Konjen Baru KJRI Hong Kong

Victoria Park, Causewaybay, Hong Kong, Kabarindo- Dari informasi yang wara-wiri di facebook dan update informasi dari dua orang BMI- Buruh Migran Indonesia yang berada di negeri beton, Hong Kong.

Redaksi memperoleh informasi dari Puji Swenty asal Cilacap yang rencananya beberapa bulan lagi akan kembali ke Indonesia menjadi enterpreneur bersama dengan Ella Wajak.

Kini, sepeninggal Konjen Teguh Wardoyo beralih estafet kepemimpinan bersama Chalief Akbar Tjandradiningrat sebagai Konjen Baru yang memimpin sholat Ied 1434 H yang berlangsung kemarin pagi, Jumat (9/8) bersama dengan konsul baru, yaitu Helena Vera Tuanakotta sebagai Konsuler II, Agus Cahyono Rasyid sebagai Konsul Penerangan, para ekspatriat asal Indonesia dan TKW atau kerap disapa Buruh Migran Indonesia yang sudah hampir menembus 200 Ribu yang dari tahun ke tahun berkurang.

Seperti yang telah diberitakan bahwa pihak KJRI sejak 24 Juli lalu telah mengedarkan via online dan bisa di copy untuk diberikan kepada majikan masing-masing bagi para TKW alias Buruh Migran Indonesia yang ada di negeri beton, Hong Kong.

Dari salinan surat bernomor: 1946/IV/VII/2013 yang ditandatangani oleh salah seorang Konsulat KJRI Hong Kong, Agus Cahyono Rasyid bertajuk "Holy Pray For Indonesia Muslim Community in Hong Kong".

Berkenaan dengan perayaan Idul Fitri yang ditandai dengan sholat sunnat berjamaan di tanah lapang 09 Agustus mendatang dari pukul 07.00 - 12.00 di lapangan Victoria.

Pihak KJRI menyampaikan perihal tersebut agar memberikan izin beribadah dan memaklumi hal tersebut sebagai ritual tahunan.

Tertulis dalam surat tersebut  nomor telpon agar siapun pihak termasuk majikan untuk meminta konfirmasi di bagian public affairs dari KJRI dalam dua bahasa, English dan Mandarin.

Suara takbir, tahmid, dan tahlil bersahut-sahutan walau tidak sesemarak di tanah air namun Hong Kong yang toleran kepada setiap warganya untuk menjalankan ibadah dan kepercayaannya masing-masing.

"Tidak hanya Victoria Park karena kami para BMI bisa memilih untuk sholat Ied di Tuen Mun, Yuen Long, Wan Chai, dan saya sendiri sholat Ied di Shatin," jelas Ella Wajak.

Sementara itu Puji Swenty memastikan geliat para muslimah atau hijabers dari kalangan TKW bersosialita dalam banyak organisasi dan komunitas. Mulai dari Halaqah sampai majelis taklim dan sholawat.

"Terbesar itu di Masjid Wan Chai dan Masjid Kowloon TST karena memang ada fasilitasi dari pengurus masjid, kami dibimbing oleh Ust. Muhaimin dan pihak KJRI mensupport kami untuk menjadi hijabers di negeri rantau ini untuk beribadah dengan baik. Tiap tahun majikan memperoleh surat resmi sehingga trust itu muncul dan mereka memberi ijin," imbuh Puji yang pernah menjadi pengurus BISA-Be Indonesian Smart & Active dari Yayasan Pembelajar BISA dan Kabarindo yang sudah memasuki tahun ketiga berkiprah membina BMI Multitasking Hong Kong berbagai wilayah.

Prosesi sholat Ied di lapangan Victoria berlangsung sukses yang diawali sambutan dari Konjen Baru, Chalief Akbar dilanjutkan dengan sholat Ied dan ditutup dengan khotbah Ied yang tidak sedikit terdengar sayu-sayup isak tangis para BMI yang teringat saudara dan orang tua di kampung halaman.


Khidmat & Mengharu Biru........Selamat Idul Fitri 1434 H..............!




Berita Lainnya
BNI Siap Bantu Modal Usaha Purna TKI; Awesome

Jakarta, Kabarindo- BNI bersedia membantu permodalan bagi purna tenaga kerja Indonesia yang ingin membuka usaha di Tanah Air.

"Apabila membutuhkan bantuan usaha, BNI bisa membantu melalui


"International Tobacco Cartoon Exhibition 2017"; Ajang 100 Karya Prestisius

Semarang, Kabarindo- Sebanyak 100 karya kartunis dari berbagai wilayah dunia mengikuti pameran kartun tembakau bertajuk "International Tobacco Cartoon Exhibition 2017" di Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

"Dari


Pasar Kentang Goreng Indonesia; Makin Diminati Belgia

Jakarta, Kabarindo– Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun 2017, bahkan berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) industri non-migas. Hal ini menarik para


Game Dawn of Civilization; Mulai Eksis Di Tanah Air

Jakarta, Kabarindo– Para ahli bidang pendidikan di Solve Education! merilis sebuah game, Dawn of Civilization yang diharapkan bisa membuat para anak-anak dan remaja di Indonesia menjadi lebih