Pasar Murah Jepara; Sukses Di Gelar



Kontributor : Teks: Arul ArisTa (Senior Editor) / Foto2: Ist

Bantu Stabilkan Harga Gula Pasir dan Minyak Goreng

Jepara, Kabarindo- Sebagai bukti komitmen pemerintah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok khususnya minyak goreng dan gula pasir selama bulan puasa dan menjelang Idul Fitri 1434 H.

Selain menggelar Pasar Murah di Kementerian Perdagangan selama satu bulan penuh dan di 33 provinsi seluruh Indonesia, pemerintah juga menyelenggarakan Pasar Murah di Kabupaten Jepara bekerja sama dengan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara dan PT SMART Tbk.

Pasar Murah ini ditujukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Jepara, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah.

Hal itu dipapar lugas oleh Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan saat membuka penyelenggaraan Pasar Murah di Jepara hari ini, Jum’at (26/7).

Mendag menjelaskan bahwa pada penyelenggaraan Pasar Murah ini, UNISNU Jepara menyalurkan 5 ton gula pasir yang didatangkan dari Pabrik Gula (PG) Rendang Kudus milik PTPN IX. Gula pasir dijual seharga Rp. 6.000/kg, lebih rendah Rp. 5.200 dari harga jual rata- rata di pasar umum di Ibu Kota Jawa Tengah yang sebesar Rp. 11.200/kg.

Sementara, harga rata-rata gula nasional per 25 Juli 2013 adalah sebesar Rp. 12.357/kg. “Di pasar murah ini, masing-masing pembeli akan memperoleh kupon untuk membeli 2 kg gula pasir,” ujar Mendag.

Sementara, PT SMART Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), setiap tahun selalu turut serta mendukung pemerintah dalam menstabilkan harga minyak goreng guna membantu meringankan beban masyarakat terhadap kenaikan harga bahan pokok.

Pada Pasar Murah ini, PT SMART Tbk menyediakan 5.000 liter minyak goreng bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara. Produk minyak goreng yang dijual adalah produk minyak goreng dalam kemasan dengan merek “FILMA” yang dibanderol dengan harga Rp. 9.000/liter, lebih rendah Rp. 4.500 dari harga jual rata-rata di pasar umum di Ibu Kota Jawa Tengah yang sebesar Rp. 13.500/liter. Sedangkan harga rata-rata minyak goreng kemasan nasional per 25 Juli 2013 sebesar Rp. 13.685/liter.

Masing-masing keluarga akan memperoleh 2 kupon
(1 liter/kupon).

Tahun ini adalah tahun ke-9 PT SMART Tbk melaksanakan program penjualan minyak goreng kemasan di pasar murah. Sejak tahun tahun 2005 hingga saat ini PT SMART Tbk
sudah menyalurkan 28,2 juta liter minyak goreng untuk program CSR ini.

Untuk tahun 2013, PT SMART Tbk telah menyalurkan 600.000 liter minyak goreng dengan harga murah ke masyarakat.

Stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok diupayakan agar konsumen dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang terjangkau. Selain itu, para petani, peternak, nelayan dan produsen kecil menengah tetap dapat menikmati keuntungan yang cukup dan wajar.

Untuk itu, pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin melakukan langkah-langkah stabilisasi agar harga bahan pokok khususnya minyak goreng dan gula pasir dapat turun
sehingga tidak menambah beban masyarakat.

Mendag memberikan apresiasi kepada UNISNU Jepara dan PT SMART Tbk atas prakarsa penyelenggaraan pasar murah ini. “Pemerintah selalu terbuka untuk bekerja sama dengan masyarakat dan pelaku usaha yang memiliki niat baik dalam membantu menjaga stabilitas pangan, khususnya pada bulan puasa dan menjelang lebaran,” jelas Gita Wirjawan.

Pada kunjungan kerja ke Jepara kali ini, selain membuka penyelenggaraan pasar murah, Mendag juga mawakafkan 500 Mushaf Al-Quran kepada para mahasiswa UNISNU, bekerja sama dengan Asia Pulp & Paper dan Sinar Mas Forestry.

Al-Qur’an yang diwakafkan menggunakan jenis kertas yang diproduksi melalui Sinar Tech atau lebih dikenal dengan Quran Paper (QPP) produksi dari PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill yang berkualitas tinggi, bersertifikat halal dari MUI, serta telah diekspor ke berbagai negara. Keunggulan kompetitif dari kertas Sinartech ini diharapkan dapat
menyumbang devisa negara.

Mendag berharap wakaf Al Quran ini dapat memberi manfaat pada umat khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi UNISNU Jepara serta dapat mencetak generasi Hafiz Al Quran.




Berita Lainnya
Agus Salim 'The Grand Old Man'; Dilayarlebarkan

Pavillon Petogogan, Kebayoran, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu sudah mengenal baik sosok pahlawan fenomenal, cerdas, humanis Hadji Agus Salim -1884-1954 ?

Yah, anak Minang yang berjuluk 'The


250 Perempuan Dari 27 Provinsi Di Indonesia; Ikut Hibah Cipta Media Ekspresi


Jakarta, Kabarindo- Satu bulan menjelang tutup pendaftaran, Cipta Media Ekspresi - hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni - telah menerima lebih dari 250


Donasi TopDonasi100 TokoPedia; Makin Diminati

JAKARTA, Kabarindo– Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) bekerja sama dengan Tokopedia melakukan penyerahan donasi Rp100 yang dihimpun dari Toppers (pengguna Tokopedia) kepada Lembaga Pembinaan Khusus Anak


ZALORA; Giatkan KAMPANYE "OWN NOW"

Jakarta, Kabarindo- ZALORA, destinasi fashion online terbesar di Asia, kembali meluncurkan kampanye terintegrasi di 6 negaranya.

Kampanye ini menempatkan fokus pada ZALORA sebagai fashion enthusiast