Semarak Ramadhan TKW Hong Kong; Bersahaja & Khidmat


Digagas & dibina oleh Ust. Muhaimin asal Indonesia

Aktivitas Sholawat & Dzikir Para BMI Hong Kong

Belajar & Tadarusan Di Masjid Ammar Wan Chai
Kontributor : Teks: Arul ArisTa (Senior Editor) / Foto2: Ayyu Flash

Dari Haloqah Sampai Majelis Taklim

Menteng, Jakarta, Kabarindo- Teknologi android dan keleluasaan berinternet bersmartphone dari para perempuan migran tanah air di negeri beton, Hong Kong.

Tentu saja menyenangkan bagi redaksi yang memang telah menjalin sinergi dari Yayasan Pembelajar Jakarta dan Kabarindo dengan program Be Indonesian Smart & Active-BISA sehingga para TKW Hong Kong yang lebih suka menyapa diri mereka dengan BMI sudah terbiasa dengan skype, email dan jejaring sosial seperti Line, Facebook, Twitter dan kali ini marak dengan WhatzUp.

"Selamat berpuasa untuk saudara-saudara kami, Happy Ramadhan 1434 H yah. Acara pekan lalu menumpuk, mulai dari kehadiran grup nasyid Bana, Deru Debu, ada Krisna Mukti dan juga seminar bersama bapak Shonhaji dari Dompet Dhuafa Jakarta mas," ucap Nurmiyah salah seorang BMI asal Banyuwangi yang mengaku punya majikan baik dan sangat toleran pada dirinya sebagai seorang muslimah apalagi disaat Ramadhan ini.

Disebutkan juga acara yang sukses terselenggara dengan ratusan BMI berbagai daerah seperti TulungAgung, Malang, Indramayu, Cilacap, Brebes, Pati, Wonogiri, Madura, NTT dan banyak lagi lainnya.

Dari informasi via WahatzUp, ia menyebutkan acara pengajian lantunan sholawat oleh habib Asseggaf terselenggara dengan baik sambil mengingatkan acara lusa, tepatnya Senin, 15 Juli mendatang karena memang ia berasal dari Halaqah Senin bertempat di Masjid Ammar Wanchai Hong Kong yaitu tadarusan Al-Quran dengan tauziyah oleh Al-Ust Abdul Muhaemin Karim MA sebagai pembina Halaqah bersama dengan Ustadzah Mimi Jamilah Mahya MA dilanjutkan dengan Ust. Udin Kamiluddin dari Jakarta.

Pantauan redaksi memang tercatat ada hampir ratusan organisasi atau komunitas keagamaan para BMI, tercatat di masjid Kowloon Tsim Tsa Tshui itu disingkat TST punya TST Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Ahad. Begitupula masjid yang berada di daerah Wan Chai yaitu masjid Ammar punya Halaqah dari Senin- Ahad karena memang waktu libur para BMI sudah merata jadi tidak hanya fokus pada hari Minggu saja dan tidak hanya di Victoria Park, Cause Way Bay saja.

Disisi lain BMI lainnya Ella Wajak yang berasal dari Malang-Jawa Timur yang sudah hampir delapan tahun merantau di negeri beton, Hong Kong mengaku aktivitas Ramadhan di negeri sekular ini berjalan baik karena pemerintah punya toleransi yang cukup baik dengan membolehkan Victoria Park dijadikan sebagai tempat untuk Sholat Ied dan Adha selain masjid-masjid yang tersebar di seluruh pelosok negeri bersama dengan bangsa lain.

"Kadang kala majikan yang membangunkan untuk sahur dan selalu mengingatkan tiap libur untuk ikut pengajian sehingga saya betah dan berterima kasih pada Allah SWT dengan kemudahan itu semua, tapi tetap saja rasa rindu apalagi disaat seperti ini dan sambut hari kemenangan selalu mendera," pinta Ella yang mengaku akan pulang dan tidak akan kembali lagi.

Redaksi pun saat 4 tahun terakhir berjibaku dengan aktivitas Ramadhan para TKW Hong Kong selain inisiatif dari Halaqah dan Majelis Taklim juga ada lembaga seperti Dompet Dhuafa termasuk KJRI bidang dakwah yang menggelar sholat Tarwih, pengajian dan acara amaliyah Ramadhan lainnya.


Ayo Dukung Perempuan Perantauan.....................!




Berita Lainnya
BNI Siap Bantu Modal Usaha Purna TKI; Awesome

Jakarta, Kabarindo- BNI bersedia membantu permodalan bagi purna tenaga kerja Indonesia yang ingin membuka usaha di Tanah Air.

"Apabila membutuhkan bantuan usaha, BNI bisa membantu melalui


"International Tobacco Cartoon Exhibition 2017"; Ajang 100 Karya Prestisius

Semarang, Kabarindo- Sebanyak 100 karya kartunis dari berbagai wilayah dunia mengikuti pameran kartun tembakau bertajuk "International Tobacco Cartoon Exhibition 2017" di Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

"Dari


Pasar Kentang Goreng Indonesia; Makin Diminati Belgia

Jakarta, Kabarindo– Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun 2017, bahkan berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) industri non-migas. Hal ini menarik para


Game Dawn of Civilization; Mulai Eksis Di Tanah Air

Jakarta, Kabarindo– Para ahli bidang pendidikan di Solve Education! merilis sebuah game, Dawn of Civilization yang diharapkan bisa membuat para anak-anak dan remaja di Indonesia menjadi lebih